Anies Akan Bikin Gugus di Tiap Sekolah untuk Atasi Tindak Kekerasan

  • Anies Akan Bikin Gugus di Tiap Sekolah untuk Atasi Tindak Kekerasan
  • Anies Akan Bikin Gugus di Tiap Sekolah untuk Atasi Tindak Kekerasan
Megapolitan

JAKARTA Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan, menganggap kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan berawal dari tindak kekerasan kecil yang dibiarkan. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu mengatakan, kekerasan kecil kemudian jadi kebiasaan dan hal yang lumrah jika dibiarkan.

Anies pun mencanangkan adanya gugus di tiap-tiap sekolah untuk melakukan pembinaan bagi pelajar. "Hampir selalu, pengalaman saya, yang namanya kekerasan itu bertahap. Pertama, kekerasan kecil-kecil didiamkan lalu menjadi ekstrem. Akhirnya muncul peristiwa besar. Kalau ada gugus di tiap-tiap unit sekolah maka gugus itu bisa membina sebelum persoalannya menjadi persoalan yang besar sampai kekerasan yang fatal," kata Anies di GOR Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/1/2017).

Pasangan dari calon wakil gubernur Sandiaga Salahudin Uno ini menjelaskan, di setiap sekolah nantinya ada papan pelaporan. Di sana bakal tercantum nomor telefon pengaduan jika terjadi tindak kekerasan.

"Dengan ada gugus itu di tiap sekolah, gugus di tiap kota, maka kalau misalnya seseorang jadi korban, belum tentu berani lapor ke kepala sekolah, belum tentu lapor kepada guru. Nah, dia bisa lapor ke gugus ini, dan gugus ini bisa langsung turun ke lapangan, memeriksa," paparnya.

"Karena kalau tidak, biasanya lingkaran yang menjaga, cara solusinya adalah di tiap sekolah harus ada papan pengumuman, nomor-nomor telefon, nama-nama orang yang dilapori sehingga korban bisa lapor dan penanganan bisa langsung dilakukan," tutupnya.

Seperti diketahui, Amirulloh Adityas (18) tewas setelah dikeroyok lima orang yang masing-masing bernama Sisko (19), Willy (20), Iswanto (21), Akbar (19), dan Jakario (19) yang merupakan senior tingkat II di STIP.




Warta Sejenis

memuat...

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!