Kutip Surah Al-Maidah, Saksi Biarawati Sebut Ahok Kecentilan

  • Kutip Surah Al-Maidah, Saksi Biarawati Sebut Ahok Kecentilan
  • Kutip Surah Al-Maidah, Saksi Biarawati Sebut Ahok Kecentilan
Megapolitan

JAKARTA - Biarawati Irena Handono selaku saksi pelapor dalam kasus dugaan penistaan agama menyebut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kecentilan karena mengutip Surah Al Maidah Ayat 51 saat berpidato di hadapan warga Kepulauan Seribu. Padahal, Ahok tidak punya kapasitas untuk mengutip kitab sucinya umat Muslim.

"Terdakwa itu kecentilan, kan tidak perlu dia menyinggung soal Surah Al Maidah saat kunjungan ke Kepulangan Seribu, dia (Ahok) itu kecentilan," kata Irena saat memberikan kesaksiannya di sidang lanjutan kasus Ahok di Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (10/01/2017).

Mendapat pernyataan seperti itu, sontak kuasa hukum Ahok, Sirra Prayuna tidak terima kliennya disebut kecentilan. Menurut Sirra, Irena berlebihan dan keluar konteks.

"Terdakwa sedang berpidato, saya tanya apakah Anda lihat keseluruhan pidatonya? Anda tahu apa saja yang sudah terdakwa lalukan untuk pembinaan umat Islam?" tanya Sirra.

Menerima pertanyaan itu, Irena tidak ambil pusing dan malah balik bertanya seraya menuding kuasa hukum Ahok sedang menunjukan prestasi Ahok di ruang sidang saat Ahok masih menjabat sebagai gubernur aktif. Dia juga menilai kubu terdakwa sedang mencoba membentuk opini publik di ruang sidang.

"Saya sebelum menjawab tanya dulu, apakah ini relevan saya sebagai saksi ditanya prestasi terdakwa?" timpal Irena kepada Sirra.

Tidak berhenti disitu, tim penasihat hukum Ahok mencoba meyakinkan agar Irena menjawab seluruh pertanyaan yang dilontarkan di hadapan majelis hakim. Menurut mereka, apa pun jawaban Irena pasti relevan dengan kasus tersebut lantaran memberikan fakta.

Kemudian, Sirra kembali menanyakan apakah Irena mengetahui bahwa Ahok ikut membangun masjid, membongkar lokalisasi Kalijodo, dan menutup diskotek.

"(Membongkar Kalijodo) ya saya dengar, tapi simpang siur, tak terlalu tahu. (Menutup diskotek) juga hanya sayup-sayup," jawab Irena.

Perlu diketahui, hingga saat ini sidang kasus dugaan penistaan agama masih berlanjut dengan pemeriksaan saksi ketiga, yakni Muhammad Burhanuddin dan masih ada saksi pelapor lagi yang dijadwalkan akan diperiksa yaitu Wilyudin Abdul Rasyid Dhani.




Warta Sejenis

memuat...

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!