• Berita Megapolitan
  • Turap Jebol Timpa Sekolah, Pemkot Tangsel Tegaskan Kontraktornya Bukan Abal-Abal

Turap Jebol Timpa Sekolah, Pemkot Tangsel Tegaskan Kontraktornya Bukan Abal-Abal

Placeholder
Megapolitan

TANGERANG SELATAN - Jebolnya turap yang menimpa bangunan sekolah SMPN 19 di Jalan Kencana Loka, Sektor 12,5 Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu, masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), buru-buru membantah berkembangnya dugaan ada kelalaian dalam pembangunan turap dengan total panjang sekira 120 meter tersebut.

Kepala Dinas DBMSDA Tangsel, Retno Prawati menuturkan, pihaknya telah mengirimkan tim independen dari salah satu perguruan tinggi untuk mengevaluasi design dan pelaksanaan turap yang pengerjaannya dilakukan oleh kontraktor CV Inovasi Jaya.

Hasil evaluasi sementara ini, semua proses pengerjaan turap berjalan dengan baik. Sedangkan longsor yang menyebabkan jebolnya turap itu lebih diakibatkan karena aliran air dikawasan tersebut seluruhnya mengendap ke sisi turap.

"Evaluasinya masih berjalan. Kontraktornya sudah sering menggarap proyek dari kita, proses seleksinya juga sesuai prosedur di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Jadi nggak mungkin kita blacklist," ujar Retno kepada Okezone saat ditemui di Mapolres Tangsel, Selasa (10/1/2017).

Proyek pengerjaan turap tersebut dimulai sejak bulan Oktober 2016, dengan nilai anggaran sebesar sekira 1,4 miliar. Meski belum diresmikan, pembangunannya telah rampung dan masih dalam tahap pemeliharaan oleh CV Inovasi Jaya.

Sementara, pihak kepolisian menduga jika jebolnya turap hingga menerjang sejumlah ruang kelas SMPN 19 disebabkan adanya usur kelalaian dalam pembangunan dan pengawasan turap tersebut.

"Nanti kita panggil juga pihak kontraktornya, dugaan kelalaian itu kuat. Kan sebelum dibangun sudah dirancang lebih dulu, kok baru jadi bisa langsung jebol," ujar Kasatreskrim Polres Tangsel AKP Alexander Yurikho.



Warta Sejenis

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!